Jumat, 25 September 2015

TEMPERATURE (SUHU) AQUATIK | harga do meter murah,harga do meter lutron,harga do meter portable, harga do meter ysi,harga do meter, harga do meter hana,harga do ph meter,jual do meter jakarta,jual alat do meter,do meter bandung

TEMPERATURE (SUHU) AQUATIK
    Suhu merupakan parameter yang sangat penting dalam lingkungan perairan dan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Suhu permukaan di perairan Indonesia berkisar antara 26 ? 30 oC. Menurut hukum Vant Hoffs, kenaikan temparatur sebesar 10o. Ada yang menyatakan bahwa suhu dapat menjadi faktor penentu atau pengendali kehidupan organisme aquatik. Jenis, jumlah dan keberadaan organisme aquatik sering berubah dengan adanya perubahan suhu air, terutama terjadinya kenaikan suhu. Menurut pendapat ahli, suhu yang masih dapat ditolerir oleh organisme berkisar antara 20 ? 30 oC (hanya pada kisaran temperatur yang masih ditolerir) akan meningkatkat laju metabolisme dari organisme sebesar 2-3 kali lipat. Akibat meningkatnya laju metabolisme akan menyebabkan konsumsi oksigen meningkat, sementara dilain pihak dengan naiknya temperatur akan mengakibatkan kelarutan oksigen dalam air menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan organisme air akan mengalami kesulitan untuk melakukan respirasi.
    Pendapat ahlli lain menyatakan bahwa suhu dapat menjadi faktor penentu atau pengendali kehidupan organisme aquatik. Jenis, jumlah dan keberadaan organisme aquatik sering berubah dengan adanya perubahan suhu air, terutama terjadinya kenaikan suhu. Suhu yang masih dapat ditolerir oleh organisme berkisar antara 20 ? 30 oC, suhu yang sesuai dengan perkembangan fitoplankton berkisar antara 25 ? 30 oC, namun suhu yang optimal untuk pertumbuhan dari zooplankton antara 15 ? 35 oC. Selain itu, suhu badan air dipengaruhi oleh musim, lintang, ketinggian dari permukaan air laut, waktu, sirkulasi udara, penutupan vegetasi (kanopi), awan, serta kedalaman. Perubahan suhu akan mempengaruhi proses fisika, kimia dan biologi badan air. Selain itu suhu juga sangat berperan dalam mengendalikan kondisi ekosistem perairan.
    Peningkatan suhu akan menurunkan kadar kelarutan gas dalam air. Suhu yang optimal bagi pertumbuhan fitoplankton berkisar antara 20 ? 30 oC. Penurunan suhu udara pada malam hari, pada waktu hujan atau pada waktu sinar matahari terhalang oleh awan, asap, debu atau pelindung Iainnya akan menurunkan suhu air permukaan. Jika proses penurunan suhu udara terus berlangsung sehingga suhu air permukaan sama dengan suhu lapisan bawah maka akan terjadi proses pencampuran. Apabila penurunan suhu air permukaan terus berlanjut sehingga lebih dingin dibanding dengan suhu air di dasar maka akan terjadi proses pembalikan (Up Welling atau Turn Over)

harga do meter murah,
harga do meter lutron,
harga do meter portable,
harga do meter ysi,
harga do meter,
harga do meter hana,
harga do ph meter,
jual do meter murah,
jual do meter lutron,
jual do meter ysi,
jual dissolved oxygen meter,
jual do meter di surabaya,
jual do meter ysi 550a,
jual do meter bandung,
jual do meter hanna,
jual do meter lutron 5510,
jual do meter kaskus,
jual do meter 7031,
harga do meter hanna,
harga do meter hach,
harga do meter az 8403,
harga alat do meter,
harga alat ukur do meter,
berapa harga do meter,
daftar harga do meter,
harga dan spesifikasi do meter,
harga do meter wtw,
harga do meter horiba,
harga do meter digital,
harga do meter ysi 550a,
harga do meter eutech,
jual alat do meter,
jual do meter surabaya,
jual do meter jakarta,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar